Ragu dengan Tulisan Bahasa Inggris? Cek dengan 5 Grammar Checker Ini

Kemampuan berbahasa Inggris tidak hanya sebatas menyimak, membaca, dan berbicara tapi juga melingkupi kemampuan menulis. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan yang baik akan hal itu sehingga diciptakanlah grammar checker atau tools pemeriksa tata bahasa Inggris. Berikut adalah 5 tools yang bisa membuat tulisan bahasa Inggris-mu semakin rapi, tepat, dan benar.

Grammarly

Singkatnya, Grammarly adalah sebuah plugin yang dipasangkan dalam Google Chrome unutk mengecek tenses bahasa Inggris dan grammar bahasa Inggris. Tidak hanya berbentuk plugin, kamu juga bisa mengunjungi situs web Grammarly untukmelakukan pengecekan dokumen berbahasa Inggris.

Pada dasarnya Grammarly berfungsi sebagai “asisten menulis” dan akan memastikan bahwa setiap posting blog, email, artikel LinkedIn, atau status Facebook-mu bebas dari kesalahan tata bahasa. Grammarly akan mengingatkanmu untuk memasukkan tanda hubung atau menghapus kata yang diulang dan akan memberikan saran untuk penggunaan kata yang tepat.

Microsoft Word

Sebelum kamu mulai melihat-lihat tools online, mungkin ada baiknya untuk melihat apa yang dapat dilakukan oleh pengolah kata yang biasa saja seperti Microsoft Word. Microsoft Word memiliki perangkat lunak koreksi tata bahasa dan ejaan bawaan yang berguna untuk pelajar bahasa Inggris dan penutur asli.

Microsoft Word akan menggarisbawahi kata-kata yang salah eja dan kata-kata yang diulang dengan warna merah. Aplikasi ini juga akan menggarisbawahi kesalahan tata bahasa berwarna hijau. Cukup klik kanan pada bagian yang digarisbawahi dan kamu akan mendapatkan daftar kemungkinan koreksi.

Sentence Checker

Jika kamu lebih suka alat koreksi kesalahan yang sangat sederhana untuk memeriksa apakah kalimatmu baik-baik saja, maka Sentence Checker adalah alat pemeriksa grammar dan tenses bahasa Inggris yang bagus. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menyalin-tempel teks dan memeriksa kesalahan. Kesalahan apa pun akan disorot dalam warna merah atau kuning.

OnlineCorrection

Jika kamu mencari alat pemeriksa grammar Inggris online yang praktis dan tidak ingin melalui kerumitan dalam mengunduh dan menginstal perangkat lunak baru, maka OnlineCorrection adalah situs web yang tepat.

OnlineCorrection akan memeriksa ejaan, grammar bahasa Inggris, dan bahkan memiliki opsi koreksi otomatis yang secara otomatis akan memperbaiki semua kesalahan dalam tulisanmu.

Ginger

Ginger adalah pemeriksa tata bahasa daring lain yang berfungsi dengan Chrome. Ginger juga memiliki beberapa fitur bonus yang sangat bagus. Misalnya, aplikasi ini akan  menawarkan pemeriksa ejaan kontekstual. Dengan begitu, kamu akan menemukan istilah atau kata yang lebih tepat untukdigunakan di dalam kalimat.

Baca Juga: 15 Teks Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris

Related posts

Leave a Comment