Yuk Mengupas Kebijakan Penurunan Tarif Batas Atas Tiket Pesawat

Tingginya harga ticket pesawat masih jadi masalah di warga Indonesia. Walau banyak kebijaksanaan dikeluarkan oleh pemerintah, tetapi harga ticket pesawat masih tinggi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi jadi regulator sudah bekerjasama dengan beberapa pihak, seperti Komisi Pengawas Pertarungan Usaha (KPPU), Menteri Tubuh Usaha Punya Negara (BUMN) Rini Soemarno, serta Menteri Koordinator Bagian Perekonomian Darmin Nasution untuk mengakhiri permasalahan ini.

Mengingat, kejadian ini jadi penyumbang inflasi. Diluar itu, tingginya harga ticket pesawat membuat jumlahnya penumpang di lapangan terbang operasi daerah Angkasa Pura I alami penurunan sampai 3,5 juta penumpang.

Menko Darmin juga minta supaya Menhub Budi turunkan tarif batas atas ticket pesawat. Walau demikian, kebijaksanaan ini memetik banyak komentar dari beberapa pihak.

Yuk Mengupas Kebijakan Penurunan Tarif Batas Atas Tiket Pesawat

1. Dikasih waktu satu minggu

Merdeka.com – Menhub Budi mengutarakan ketetapan penurunan tarif batas atas untuk maskapai Low Biaya Carrier (LCC) dan maskapai full service adalah hasil rapat bersama dengan Menteri Koordinator Bagian Perekonomian Darmin Nasution.

“Kita akan pelajari batas atas. Saya dikasih waktu dalam tempo 1 minggu akan memutuskan batas atas baru untuk penerbangan ekonomi,” kata Menhub Budi selesai rapat di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (6/5).

Walau tidak diijinkan lakukan intervensi harga ticket, ia menerangkan jika pemerintah dalam soal ini Kemenhub memiliki hak mengendalikan tarif batas atas serta tarif batas bawah.

“Jadi dalam UU itu dijelaskan kemenhub bisa memastikan batas atas dengan memperhitungkan situasi warga, berada di masalah 127,” katanya.

2. Pengkajian lebih dalam

Merdeka.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) minta pada maskapai penerbangan supaya membahas lebih bijak berkaitan harga ticket pesawat yang mahal. Menurut dia, bila harga ticket mahal karena itu penumpang akan menyusut, tetapi bila ticket pesawat murah karena itu perusahaan akan mati.

“Jadi saya meyakini perusahaan penerbangan itu tidak mau naik, naik begitu tinggi, sebab jika naik penumpang turun, tetapi jika begitu rendah, kembali pada sudut pandang itu, ia dapat mati juga. jika mati kita naik apa kelak,” kata JK di Kantornya, Jalan Merdeka Utara, Selasa (7/5).

Ia menerangkan ada banyak maskapai penerbangan yang pailit karena tidak kuat berkompetisi. Hal itu berlangsung seputar 20 tahun serta ada 10 perusahaan yang roboh.

“Memang Sampai kini banyak ticket pesawat benar-benar sangat murah dibandingkan semestinya. Dalam tempo kira-kira 20 tahun, kurang lebih ada 10 perusahaan penerbangan roboh, entahlah itu mandala, simpati, batavia, adam air, indonesia air, merpati. Hampir 10 itu. Semuaya¬†tidak kuat berkompetisi,” kata JK. http://jadwalhargatiket.com/

3. Operasional maskapai

Merdeka.com – Menteri Tubuh Usaha Punya Negara (BUMN) Rini Soemarno minta Kementerian Perhubungan untuk benar-benar mengalkulasi susunan cost operasional maskapai penerbangan.

“Tetapi memang kita mengutamakan tempo hari waktu perbincangan tolong dari regulator benar-benar mengalkulasi cost strukturnya dari beberapa aktor usaha penerbangan,” kata Rini diambil Antara, Selasa (7/5).

Ia mengatakan situasi semacam ini bukan sekedar berlangsung pada Garuda Indonesia tetapi pada semua maskapai yang bekerja di tanah air. Dimana cost pengeluaran serta operasional setiap maskapai tentu hampir sama.

4. Garuda Indonesia ikuti ketentuan

Merdeka.com – Menteri BUMN Rini Soemarno menjelaskan Garuda Indonesia tidak tutup peluang akan turunkan tarif ticket pesawat sesuai instruksi pemerintah.

“Itu dari Kementerian Perhubungan jadi regulator, kita akan ikuti dong. Garuda kan satu diantara aktor usaha di bidang penerbangan. Kita akan ikuti apa yang diputuskan oleh Kementerian Perhubungan,” kata Menteri Rini, Senin (6/5).

Namun, ia mengutarakan, harus dikerjakan penelusuran terlebih dulu pada biaya-biaya pengeluaran yang lain yang terkait dengan penetapan tarif di Garuda. Menurut dia, ada banyak pos pengeluaran yang bisa didesak supaya harga ticket bisa turun.

“Kita sedang ngecek. Tetapi memang benar ada beberapa pos-pos biaya yang memang dapat dirubah,” katanya.

Related posts

Leave a Comment